Susi Beli Pulau Sevelak Hanya Rp 60 Juta

Susi Beli Pulau Sevelak Hanya Rp 60 Juta
BERMASALAH: Landasan helikopter yang ada di Pulau Sevelak. Pulau itu disebut-sebut dimiliki Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto: Rakyat Aceh/JPNN

jpnn.com - SIMEULUE – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tampaknya, tak bisa menghindar lagi dari tudingan memiliki Pulau Sevelak secara tidak sah. Minggu (16/11), tim investigasi dari Jakarta bersama beberapa wartawan langsung mendatangi pulau di Kecamatan Teupah Barat itu.

Berdasar informasi yang dikumpulkan Rakyat Aceh (JPNN Group), pulau yang telah berubah nama menjadi Pulau Susi tersebut telah dibeli di bawah tangan seharga Rp 60 juta pada 2005. Meski membantah, tampaknya Susi tak bisa berkelit setelah Rustam Effendi, 61, manajer PT Asi Pudiastuti, ditemui wartawan di rumah karyawan Susi, Adriman Badai, Minggu (16/11).

Rustam mengaku bahwa pembelian pulau itu diatasnamakan orang lain. Bukan atas nama Susi, tetapi Eno Sugiarto, warga Pangandaran, Jabar, asal menteri nyentrik tersebut. Transaksi jual beli pulau dari Jamal, penduduk desa di Simeulue, kepada Eno dilakukan dengan bukti kuitansi.

”Iya, pulau itu sudah dibeli, uangnya dari Ibu Susi dan yang melaksanakan jual beli itu Pak Eno Sugiarto dari Pak Jamal, pemilik pulau itu, sekitar April 2005,” kata Rustam.

Ketika ditanya soal keberadaan bukti tersebut, Rustam menyatakan, kuitansi tidak dibawa dan disimpan di kantor Pusat PT Asi Pudjiastuti. Setelah pulau beralih kepemilikan, Menteri Susi bersama anak dan suaminya sering menginap di Sevelak.

Meski telah terjadi jual beli dan berubah kepemilikan atas Pulau Sevelak, Rustam menepis Pulau Sevelak milik Susi. ”Ibu susi tidak pernah merasa memiliki pulau ini. Hanya masyarakat hingga ke tingkat pejabat yang menganggap pulau itu telah menjadi milik Bu Susi. Padahal, tidak demikian,” imbuh Rustam.

Wartawan dan tim investigasi dari Jakarta akhirnya mendatangi pulau tempat pengembangbiakan lobster tersebut dengan menggunakan perahu bermesin milik Buyung, 40, warga Desa Salur, Kecamatan Teupah Barat, Minggu kemarin.

Dari kejauhan sudah tampak tanda-tanda bahwa pulau itu dihuni dan ada aktivitas. Sebab, terlihat asap mengepul dari jarak 100 meter. Setelah rombongan tiba di pulau, terlihat sejumlah pondok dan satu panggung dari kayu dan landasan helikopter. Juga, pohon cemara yang hidup subur dengan jarak yang teratur.

SIMEULUE – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tampaknya, tak bisa menghindar lagi dari tudingan memiliki Pulau Sevelak secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News