Suswono Diminta Mundur dari Mentan

Suswono Diminta Mundur dari Mentan
Suswono Diminta Mundur dari Mentan

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Selatan (Sumsel) Abdul Azis mengatakan nyaris seluruh sektor produksi petanian mengalami penurunan yang sangat signifikan. Karena itu, dia menghimbau kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono yang kini jadi Menteri Pertanian mundur dari jabatannya.

"Kalau Suswono tidak mau mundur, maka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebaiknya memundurkan Suswono dari jajaran kabinet," kata Abdul Aziz, di gedung DPD, Senayan Jakarta, jumat (6/9).

Dikatakan, ancaman krisis pangan yang saat ini di depan mata kita berawal dari menurunnya produksi pangan yang menjadi tugas utama Kementerian Pertanian untuk mengantisipasinya.

"Keterbatasan lahan, cuaca yang tidak mendukung dan terbatasnya ketersediaan petani sebagai faktor produksi yang selama ini dijadikan alasan tidak naiknya produksi pertanian, itu hanya alasan. Faktanya, potensi lahan pertanian kita terbesar setelah Brazil. Merosotnya produksi pertanian itu lebih disebabkan tidak adanya komitmen Kementan terhadap pemberdayaan petani," tegas Abdul Azis.

Lebih lanjut, dia juga mengkritisi pola kerja Kementerian Pertanian yang tidak mengacu kepada undang-undang pertanian, pangan dan lahan yang sudah disiapkan DPR.

"Bahkan disaat semua rakyat berteriak karena melambangunya kebutuhan pokok, sejumlah menteri terkait malah sibuk dengan urusan politik. Ini sebuah pembiaran terhadap kondisi yang tidak kondusif dan bisa mengarah kepada pemerintahan yang gagal dalam mengelola negara," tegas dia.

Dikatakan, Presiden SBY harus berhati-hati di penghujung masa jabatannya ini karena bangsa ini sudah diambang krisis pangan. (fas/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Selatan (Sumsel) Abdul Azis mengatakan nyaris seluruh sektor produksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News