Suswono Mengaku Sering Kembalikan Gratifikasi ke KPK

Suswono Mengaku Sering Kembalikan Gratifikasi ke KPK
Suswono Mengaku Sering Kembalikan Gratifikasi ke KPK

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pertanian Suswono mengaku pernah menerima uang Rp 50 juta dan ada juga USD 2 ribu terkait dengan pembahasan anggaran program revitalitasi sistem komunikasi radio terpadu (SKRT) di Departemen Kehutanan. Namun, mantan pimpinan Komisi Kehutanan DPR periode 2004-2009 itu mengaku sudah menyerahkan penerimaan uang tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu diungkapkan Siswono saat bersaksi dalam persidangan perkara dugaan suap  pengadaan SKRT di Dephut dengan terdakwa Anggoro Widjojo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (4/6). "Saya sudah menyerahkan ke KPK terkait gratifikasi," katanya.

Menteri yang juga kader PKS itu menegaskan, dirinya mengembalikan uang itu karena mengikuti saran pimpinan KPK saat itu, Erry Riyana Hardjapamekas. "Jadi untuk pengamanan sebagaimana saran pimpinan KPK setiap ada pemberian itu lebih baik terima dan tanya dari apa, kemudian serahkan ke KPK," ujarnya.

Usai persidangan Suswono menjelaskan, dirinya sudah cukup banyak menyerahkan penerimaan gratifikasi ke KPK. "Saya sudah cukup banyak menyerahkan gratifikasi cuma cara penyerahan saya tidak kayak penyerahan gitar artinya tidak heboh," ucap Suswono menyinggung saat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat melaporkan gitar pembelian Metallica ke KPK.

Menurut Suswono, mengembalikan gratifikasi ke KPK merupakan kewajiban. "Itu memang sudah kewajiban sebagai pejabat negara," tandasnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pertanian Suswono mengaku pernah menerima uang Rp 50 juta dan ada juga USD 2 ribu terkait dengan pembahasan anggaran program revitalitasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News