Sutarmidji Minta IWAPI Kalbar Membaca Peluang dalam Pemasaran Produk UMKM

Sutarmidji Minta IWAPI Kalbar Membaca Peluang dalam Pemasaran Produk UMKM
Gubernur Kalbar Sutarmidji (Antara/Rendra Oxtora)

jpnn.com - PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memberikan pesan kepada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalbar. Sutarmidji berharap IWAPI Kalbar terus melakukan inovasi terhadap anggotanya. 

Selain itu, dia meminta IWAPI Kalbar dapat membaca peluang dalam pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

"Mudah-mudahan IWAPI lebih maju dan terus membaca peluang dalam pemasaran produk Kalbar, sehingga produk-produk kita (Kalbar) dapat dikenal oleh masyarakat yang ada di luar wilayah Kalbar," kata Sutarmidji. 

Gubernur menyampaikan hal itu saat membuka Rapat Kerja Daerah Pertama Dewan Perwakilan Daerah IWAPI Kalbar di Sungai Raya, Selasa (23/8). 

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Kalbar itu meminta IWAPI terus melakukan inovasi terhadap anggotanya, serta perbaikan produk agar makin baik dalam pemasaran. "Perhatikan dan lihat kemasan produk karena selera pasar itu tidak hanya rasa, tetapi juga tampilan produk," pesan Sutarmidji. 

Dia juga meminta IWAPI Kalbar bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) maupun lembaga lain dalam meningkatkan kapasitas produk dan pelatihan-pelatihan terhadap anggotanya.

"Untuk pelatihan, silakan bekerja sama dengan Bank Indonesia, sedangkan untuk pemasarannya bekerja sama dengan organisasi lain, seperti Dekranasda, PKK, dan sebagainya," kata dia.

Sutarmidji mengharapkan Rakerda DPD IWAPI Kalbar dapat melahirkan program yang bisa membuat organisasi itu lebih maju dalam hal memasarkan produk di dalam maupun luar Kalimantan Barat.

Sutarmidji memberikan pesan kepada IWAPI Kalbar. Salah satunya soal kejelian melihat peluang dalam memasarkan produk UMKM Kalbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News