Selasa, 20 Agustus 2019 – 11:08 WIB

Syahrul Yasin Limpo: Membangun Sektor Pertanian dengan Strategi TSM

Selasa, 06 Agustus 2019 – 08:28 WIB
Syahrul Yasin Limpo: Membangun Sektor Pertanian dengan Strategi TSM - JPNN.COM

Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong agar Indonesia membangun sektor pertanian secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Menurut Syahrul, terminologi TSM tidak hanya disematkan untuk isu politik elektoral, tetapi juga bisa diterapkan dalam membangun dan mengelola pertanian Indonesia.

“Istilah TSM tidak hanya populer dikaitkan dengan isu politik belakang ini. Tetapi kita bisa terapkan itu dalam membangun sektor pertanian khususnya dalam menjaga ketahanan pangan bagi penduduk negeri ini,” ujar Syahrul di Jakarta, Senin (5/8).

Syahrul mengaku pembangunan pertanian TSM bukanlah hanya sebatas ide yang diutarakannya. Namun, dia telah menerapkan hal tersebut ketika menjadi pemimpin di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: Sektor Pertanian Gemilang di Tangan Menteri Amran Selama Ini

"Bagi pemerintah Sumsel, tidak ada pilihan lain untuk memajukan sektor pertanian selain dengan cara TSM karena produk pertanian menyangkut hayat hidup orang banyak dan di situlah negara hadir, menjalankan amanah untuk mensejahterakan rakyatnya," tanda dia.

Syahrul pun menjelaskan upaya mendorong sektor pertanian dengan cara TSM. Terstruktur, kata dia, karena pemerintah Sulawesi Selatan harus menggerakkan semua potensi secara berjenjang dari pusat hingga ke daerah untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Tak mengherankan, lanjut Syahrul, bila Pemda Sulsel dikenal paling sering bernegosiasi dengan pemerintah pusat untuk meminta pembangunan sarana dan prasarana pertanian guna menopang kepentingan nasional.

“Untuk menjadikan Sulsel sebagai lumbung beras nasional, Sulsel butuh investasi pemerintah dalam bentuk pembangunan bendungan, saluran irigasi, embung, pembenihan, penyediaan pasokan pupuk yang terjamin volumennya dan sebagainya. Maka tidak ada cara lain untuk mempercepat Sulsel menjadi lumbung pangan nasional kecuali melalui pendekatan terstruktur," terang yahrul.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar