Syahrul Yasin Limpo: Pemimpin Harus Cepat, Cermat dan Akurat

Syahrul Yasin Limpo: Pemimpin Harus Cepat, Cermat dan Akurat
Mentan Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL mengatakan bahwa pemimpin harus bisa bertindak secara cepat, cermat, dan akurat.

"Ada istilah yang selalu saya sampaikan, pemimpin itu harus CCA, yaitu cepat, cermat dan akurat," kata Syahrul saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVIII secara virtual, Selasa (6/7).

Mantan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menjabat dua periode itu menyampaikan bahwa pemimpin mesti memiliki karakter yang selalu bersesuaian dengan tuntunan agama.

"Pemimpin tidak boleh tidur atas tanggung jawab yang Tuhan berikan kepadanya. Kau mau sakit, atau apa, tetap bekerja," kata SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan tujuan PKN ini adalah untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada jabatan pimpinan tinggi pratama.

Pelaksanaan kegiatan ini juga sudah sesuai dengan anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19.

"Sesuai dengan surat edaran KemenPAN-RB, surat edaran kepala Lembaga Administrasi Negara, dan surat edaran sekretaris Kementan, maka untuk di awal pelatihan ini semuanya dilakukan secara online," ujar Dedi.

PKN Tingkat II Angkatan XVIII ini dimulai pada 6 Juli-4 November 2021.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pemimpin harus bertindak cepat, cermat dan akurat. Pemimpin tidak boleh tidur di atas tanggung jawab yang Tuhan berikan kepadanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News