Syaiful Bahri Anshori Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa Jatim

Syaiful Bahri Anshori Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa Jatim
Anggota Komisi I DPR RI Dapil IV Jawa Timur dari Fraksi PKB, Drs. H.M. Syaiful Bahri Anshori MP secara khusus melakukan peninjauan dan memberikan bantuan sembako dan kebutuhan bagi warga korban bencana gempa bumi di Kabupaten Lumajang, Jatim, Sabtu (17/4). Foto: DPR RI.

jpnn.com, LUMAJANG - Anggota Komisi I DPR RI Dapil IV Jawa Timur (meliputi Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember) dari Fraksi PKB, Drs. H.M. Syaiful Bahri Anshori MP secara khusus melakukan peninjauan dan memberikan bantuan sembako dan kebutuhan kepada warga korban bencana gempa bumi di Kabupaten Lumajang, Jatim, Sabtu (17/4).

Syaiful yang terjun ke lokasi pada masa reses Sidang Paripurna ke 4 tahun 2021, itu memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian terhadap korban, pascabencana gempa bumi yang menghantam wilayah Jatim, tepatnya di daerah Lumajang beberapa waktu lalu.

Gempa bermagnitudo 6,1 mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di Lumajang, sehingga warga sangat membutuhkan bantuan sembako maupun perbaikan rumah. Sebanyak 3.748 unit bangunan rusak, 1.600 di antaranya rusak ringan, 1.130 sedang, dan 1.018 berat.

Syaiful merasa prihatin dengan peristiwa tersebut, apalagi terjadi bertepatan dengan bulan Ramadan. "Apa yang saya lakukan ini adalah kewajiban saya sebagai wakil rakyat bagi masyarakat di wilayah Lumajang," kata Syaiful.

Dia menambahkan apa yang dilakukannya itu memang tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan, mengingat banyaknya bangunan yang membutuhkan bantuan. “Namun, paling tidak bantuan ini bisa sedikit meringankan korban gempa kemarin," tambah legislator PKB itu.

Mengenai proses penyalurannya, ketua umum Sembilan Bintang Amanah PKB itu menjelaskan bahwa bantuan akan segera didistribusikan kepada warga terdampak bencana melalui Pasukan Infanteri dari Kodim 0821/Lumajang.

"Saya sudah titipkan pada mereka agar sembako tersebut bisa disalurkan di tempat yang sangat terdampak pascagempa," katanya.

Dalam kunjungannya tersebut, Syaiful meminta Pemkab Lumajang agar bisa melakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal di sekitar tebing, mengingat di wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor, apabila ada gempa susulan.

Syaiful Bahri memberikan bantuan sembako dan kebutuhan lainnya kepada warga korban gempa bumi di Kabupaten Lumajang, Jatim. Bantuan ini wujud kepeduliannya sebagai legislator dari Dapil IV Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News