JPNN.com

Syaiful Huda: Honorer Terombang-ambing

Jumat, 07 Agustus 2020 – 11:13 WIB
Syaiful Huda: Honorer Terombang-ambing - JPNN.com
Ribuan Guru Honorer Demo Istana. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda berkomitmen untuk menyelesaikan masalah klasik terkait keberadaan guru honorer yang selama bertahun-tahun tidak kunjung tuntas.

Hal ini disampaikan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut melalui akunnya di Twitter pada Jumat (7/8).

"Persoalan guru honorer sudah ada sebelum saya di Senayan. Ini klasik dalam irisan kewenangan pusat-daerah, dan ego antara K/L. Guru Honorer terombang-ambing, kesalahan sistem dan tata kelola," kata Syaiful Huda.

Oleh karena itu, dia berkomitmen dan mengajak pihak terkait untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan akut ini.

"Mari kita urai, satu per satu akar masalahnya," tandas legislator asal Jawa Barat ini.

Sebelummya, saat reses ke Jawa Barat, Syaiful mengadakan audiensi dengan perwakilan pengurus forum Pengurus Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Nonkategori Usia 35 Tahun ke Atas (GTKHNK 35+) Jabar, Rabu (5/8) lalu.

Saat itu, Ketua GTKHNK 35+ Jabar Sigid Purwo Nugroho menyampaikan dua tuntutan penting terkait keberadaan guru dan tenaga kependidikan honorer nonkategori.

Pertama, GTKHNK 35+ berharap Komisi X DPR RI memasukkan pasal terkait pengangkatan guru dan tenaga kependidikan honorer nonkategori usia 35 tahun ke atas menjadi PNS melalui jalur khusus berupa Keputusan Presiden (Keppres) di dalam UU Sisdiknas.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia