Syarief Hasan Beber Kunci Agar UMKM Indonesia Terus Naik Kelas dan Mengglobal

Syarief Hasan Beber Kunci Agar UMKM Indonesia Terus Naik Kelas dan Mengglobal
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan (tengah) saat menjadi salah satu narasumber dalam seminar bersama Badan Standardisasi Nasional (BSN) di Kota Bogor, Jumat (14/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, KOTA BOGOR - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyampaikan peningkatan standar mutu UMKM melalui standardisasi dan penilaian kesesuaian produk-produknya harus terus didorong dan dikawal oleh semua pemangku kebijakan.

Menurutnya, hal ini sangat beralasan lantaran UMKM adalah kelompok usaha mayoritas dan menyerap banyak tenaga kerja.

Karena itu, pemberdayaan UMKM akan sangat berdampak pada tersedianya lapangan kerja dan pemacu pertumbuhan ekonomi.

“Saya mendorong agar peningkatkan standar mutu dan standardisasi produk-produk UMKM harus terus digiatkan. Ini sangatlah penting agar daya saing UMKM meningkat sehingga dapat menembus pasar global," kata Syarief Hasan dalam seminar bersama Badan Standardisasi Nasional (BSN) di Kota Bogor, Jumat (14/4).

Apalagi dengan tren digitalisasi sekarang ini, lanjut Syarief Hasan, peluang produk UMKM untuk diekspor menjadi sangat memungkinkan.

"Kuncinya adalah peningkatan kualitas produk,” tegas Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Profesor di Bidang Strategi Manajemen Koperasi dan UMKM ini menilai peran BSN dalam pembinaan dan koordinasi standardisasi dan penilaian kesesuaian produk harus terus didukung.

UMKM adalah wujud usaha kerakyatan yang mencerminkan semangat kegotong-royongan.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan membeberkan kunci agar UMKM Indonesia terus naik kelas dan mengglobal, harap simak baik-baik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News