Syarief Hasan Dukung Sinergi UMKM dengan BNI dan Diaspora Indonesia

Syarief Hasan Dukung Sinergi UMKM dengan BNI dan Diaspora Indonesia
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mendukung langkah pemerintah menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) dan komunitas masyarakat Indonesia di luar negeri (Diaspora Indonesia) untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang berorientasi ekspor.

Syarief menilai langkah itu sangat penting agar UMKM semakin berdaya saing dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan fasilitasi oleh BNI dan sinergi bersama Diaspora Indonesia, diharapkan produk-produk lokal Indonesia dapat bersaing di luar negeri sehingga dapat meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia.

"UMKM kita memiliki produk yang tidak kalah dengan luar negeri. Selama ini salah satu kendala yang dihadapi oleh UMKM, selain pembiayaan adalah distribusi, promosi dan penjualan produk," kata eks Menteri Koperasi dan UKM era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

"Dengan adanya sinergi ini, tentu kita berharap produk UMKM akan mampu menembus pasar global. Dampaknya tentu akan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM. Hal ini patut didukung bersama,” ucap Syarief Hasan.

Syarief menilai salah satu strategi peningkatan kapasitas dan daya saing UMKM adalah dengan keberpihakan dan fasilitasi persaingan di mancanegara. UMKM tidak hanya bermain di ranah domestik, tetapi mampu menembus pasar luar negeri.

Selain memperluas potensi pasar (share market), hal itu juga akan menjadi pemicu agar UMKM terus berbenah diri, meningkatkan kualitas, dan terlibat dalam rantai pasok global (global value chain). UMKM berorientasi ekspor juga dapat memanfaatkan perkembangan sektor digital yang juga sedang tumbuh signifikan agar mampu melakukan penetrasi pasar secara lebih luas.

Politikus senior Partai Demokrat itu mengingatkan bahwa UMKM tidak boleh dibiarkan berjalan sendirian. Pemerintah harus memastikan adanya dukungan dan keberpihakan dari semua pihak yang berkelanjutan, baik dari sisi pembiayaan, pelatihan kewirausahaan, maupun strategi penjualan sehingga produk UMKM berdaya saing.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan meyakini sinergi ini diharapkan membawa produk UMKM mampu menembus pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News