Syarief Hasan Ingatkan Pemerintah yang Ingin Hapus BBM Jenis Premium

Syarief Hasan Ingatkan Pemerintah yang Ingin Hapus BBM Jenis Premium
Wakil Ketum DPP Partai Demokrat Syarief Hasan. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berencana akan menghapuskan BBM jenis Premium pada Januari 2021.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan rencana tersebut memang diperlukan untuk mendukung lingkungan hidup.

Namun, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mengingatkan harus ada alternatif BBM yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah dan bersubsidi.

Menurut Syarief, berbagai kebijakan pemerintah ke depan memang sebaiknya menunjukkan keberpihakan kepada pro lingkungan.

Sebab, kata dia, bumi yang ditempati memang harus dijaga bersama lewat kebijakan-kebijakan pro lingkungan.

"Hal ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals yang dirumuskan antara lain oleh Pak SBY, David Cameron dan PM Nigeria dan  dicanangkan  oleh PBB ke seluruh negara-negara di dunia," ungkap Syarief dalam keterangannya, Senin (16/11).

Namun, Syarief menilai bahwa kebijakan ini harus dilakukan secara bertahap dan matang, sehingga tidak menimbulkan masalah baru di masyarakat.

"Kalau melihat lebih luas, hampir 55 persen masyarakat menggunakan Premium. Sebab, Premium adalah BBM yang paling mudah karena bersubsidi  dibandingkan dengan jenis lain," ungkap Syarief.

Syarief Hasan mengingatkan kebijakan penghapusan BBM jenis Premium jangan sampai menimbulkan persoalan baru di masyarakat. Kebijakan ini harus diikuti dengan penyediaan BBM yang pro lingkungan dan murah atau bersubsidi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News