Sydney Porak-poranda, Pohon Tercabut, Banjir Menerjang

Sydney Porak-poranda, Pohon Tercabut, Banjir Menerjang
Salah satu titik banjir di wilayah Sydney. Foto: AFP

jpnn.com - SYDNEY - Badai menghantam pantai timur New South Wales (NSW) Australia sejak Sabtu (4/6). Puluhan pohon tercerabut hingga ke akarnya dan listrik padam.

Badan Meteorologi Australia menyatakan bahwa angin akibat badai itu berkekuatan 90–125 kilometer per jam. Gara-gara badai tersebut, kemarin (5/6) dua landasan pacu di Bandara Sydney ditutup. Penutupan itu berimbas pada penerbangan domestik maupun internasional. 

Badai tersebut muncul kali pertama di Queensland Sabtu lalu sebelum akhirnya menuju wilayah NSW. Badan Penanggulangan Bencana (SES) Australia sudah meminta penduduk di daerah-daerah yang rendah di NSW segera mengungsi. Sebab, banjir mungkin cukup tinggi. Sejauh ini, ada sekitar 500 orang yang telah dievakuasi di NSW. Termasuk mahasiswa di Sydney Academy of Sport and Recreation serta orang-orang di North Narrabeen Caravan Park. 

’’Jangan menunda proses evakuasi. Jalanan akan padat atau bahkan ditutup. Kalian nanti bisa terjebak dan membutuhkan bantuan penyelamatan. Tetap tinggal di area yang banjir itu berbahaya dan menempatkan hidup kalian dalam risiko,’’ ujar pihak SES.

Mereka meminta penduduk yang akan dievakuasi sudah mengepak obat-obatan, baju untuk tiga hari, serta mematikan saluran listrik dan gas di rumah masing-masing. Tim penyelamat sudah mengevakuasi banyak pengendara dari jalanan yang macet karena air terus meninggi. Mereka juga tengah mencari sebuah mobil yang dilaporkan terbawa arus banjir di Sydney. Tidak diketahui berada orang di dalam mobil tersebut.

Komisioner SES NSW Greg Newton meminta para pengendara menghindari area banjir karena terlalu berbahaya jika diterjang. Terlebih, pengendara lain bisa saja mengikuti langkah mereka dan ikut terjebak. ’’Sederhana saja, jauhi (area banjir) dan tetaplah hidup. Itu sudah sangat jelas,’’ tegasnya. 

Penduduk juga diminta tidak keluar rumah jika bukan untuk urusan yang sangat penting. Badai yang melanda NSW memang disertai hujan yang sangat lebat serta ombak yang cukup tinggi. Sejak Sabtu hingga Minggu pagi, curah hujan mencapai 100–200 milimeter. Di wilayah Wooli River bahkan mencapai 469 milimeter. 

Ombak yang sangat besar di sepanjang pantai Sydney juga dibarengi dengan laut pasang. Itu mengakibatkan erosi yang sangat parah dalam tiga dekade belakangan. Ombak saat badai biasanya hanya 3 meter. Namun, sepanjang akhir pekan ombak  bisa mencapai 13 meter. Di Botany Bay, ombak telah mencapai 12 meter. Kondisi itu mengakibatkan banjir air laut di area sekitarnya.

SYDNEY - Badai menghantam pantai timur New South Wales (NSW) Australia sejak Sabtu (4/6). Puluhan pohon tercerabut hingga ke akarnya dan listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News