Syngenta Gelar Pelatihan Peningkatan Produksi Tanaman & Digitalisasi Pertanian untuk 11.500 Petani

Syngenta Gelar Pelatihan Peningkatan Produksi Tanaman & Digitalisasi Pertanian untuk 11.500 Petani
Salah satu kegiatan Syngenta Indonesia dalam mengedukasi petani di daerah. Foto: dokumen Syngenta

jpnn.com, JAKARTA - Syngenta Indonesia menggelar rangkaian kegiatan Gebyar Kemerdekaan bersama sekitar 11.500 petani dalam rangka edukasi terkait teknologi peningkatan produktivitas tanaman dan digitalisasi pertanian selama Agustus-September 2023.

Melalui kegiatan itu, petani juga diberikan pelatihan penyemprotan yang baik dan benar, olahraga bersama, pameran teknologi (expo), festival budaya, hingga perlombaan dalam rangka merayakan Kemerdekaan.

Pelatihan penyemprotan digelar di 78 titik di 45 kabupaten/Kota, 8 provinsi, yang melibatkan sekitar 7.800 petani padi.

Turnamen bola voli dan sepak bola bersama lebih dari 1.200 petani di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Barat yang menghadirkan atlet profesional, seperti atlet voli Adinda Indah dan Maya Kurnia Indri, serta Atep dan Tantan (atlet sepak bola).

Kemudian, kegiatan jalan sehat bersama 1.000 petani juga dilakukan di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur.

Pameran teknologi (expo) perlindungan tanaman untuk pengendalian serangan wereng cokelat pada tanaman padi dan bercak kering pada tanaman sayuran digelar di Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Utara, dan Jawa Barat yang diikuti lebih dari 800 petani.

Festival budaya berupa kegiatan mandurung (festival menangkap ikan) khas Tanah Karo, Sumatera Utara turut menyita kehadiran 200 petani serta berbagai lomba khas kemerdekaan seperti mengulek cabai, lomba kerupuk, dan lainnya yang diikuti hampir 500 petani.

Rangkaian kegiatan itu diisi dengan sesi edukasi yang dilakukan melalui demonstrasi plot (demplot) tanaman dengan perlakuan agronomi dan perlindungan tanaman yang direkomendasikan Syngenta Indonesia dengan manfaat hasil yang lebih baik.

Syngenta Indonesia menggelar Gebyar Kemerdekaan berupa pelatihan peningkatan produksi tanaman dan digitalisasi pertanian bersama 11.500 petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News