Syria Diduga Bangun Fasilitas Nuklir

Syria Diduga Bangun Fasilitas Nuklir
Syria Diduga Bangun Fasilitas Nuklir
WINA - Syria telah membangun fasilitas nuklir untuk memproduksi peluru kendali. Fasilitas tersebut dibangun di Al Kibar, area yang dibom Israel pada September 2007 dan dituding Amerika Serikat sebagai lokasi reaktor nuklir.

Seperti dilaporkan Associated Press, itu disampaikan dua diplomat Barat yang tergabung ke dalam Badan Energi Atom Internasional (IAEA) kemarin (25/2). Mereka mengutip keterangan dari pemimpin proyek nuklir Syria Ibrahim Othman yang disampaikan kepada ke-35 anggota IAEA dalam sebuah pertemuan tertutup di Wina.

"Reaktor baru di Al Kibar tersebut akan digunakan sebagai pusat kontrol peluru kendali sekaligus landasan luncurnya," kata kedua diplomat tersebut.

Setelah dibombardir dari udara oleh Israel, Washington merilis laporan bahwa di area Al Kibar itu Syria tengah membangun reaktor nuklir dengan bantuan teknologi dari Korea Utara. Ketika diserang, reaktor tersebut sudah dalam taraf nyaris selesai. Seandainya sudah selesai, lanjut laporan Washington, reaktor itu bakal mampu memproduksi plutonium sendiri.

WINA - Syria telah membangun fasilitas nuklir untuk memproduksi peluru kendali. Fasilitas tersebut dibangun di Al Kibar, area yang dibom Israel pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News