Tabloid Inggris Bayar 19 Korban Penyadapan

Skandal Sadap Telepon, NOTW Bisa Keluar Rp 141 M

Tabloid Inggris Bayar 19 Korban Penyadapan
Tabloid Inggris Bayar 19 Korban Penyadapan
LONDON - Tabloid News of The World (NOTW) harus membayar mahal skandal penyadapan telepon yang mereka lakukan terhadap sejumlah sumber berita pada tahun lalu. Hal itu terjadi setelah Pengadilan Tinggi Inggris kemarin (19/1) menyetujui pembayaran kompensasi atau ganti rugi kepada 19 korban.

Sejumlah tokoh ternama berada dalam daftar penerima kompensasi tersebut. Misalnya, aktor Jude Law, pesepak bola Ashley Cole, dan mantan Wakil Perdana Menteri (PM) Lord Prescott. Tak diungkapkan secara detail jumlah yang harus dibayarkan NOTW sebagai kompensasi dalam skandal itu. Tetapi, News International selaku perusahaan induk tabloid ternama Inggris itu diperkirakan harus keluar duit lebih dari GBP 10 juta (lebih dari Rp 141 miliar).

Penjelasan detail soal jumlah kompensasi yang telah disepakati diumumkan dalam persidangan kemarin. Aktris dan perancang busana Sadie Frost menerima ganti rugi GBP 500 ribu (sekitar Rp 7,05 miliar). Anggota parlemen dari Partai Buruh Chris Bryant menerima GBP 30 ribu Rp 423 juta).

Selama sidang kemarin, juga diperdengarkan bukti-bukti pembicaraan telepon Law yang berkali-kali disadap selama 2003-2006. Frost mengatakan bahwa dirinya tidak percaya dengan penyadapan tersebut karena wartawan selalu tahu atas keberadaannya.

LONDON - Tabloid News of The World (NOTW) harus membayar mahal skandal penyadapan telepon yang mereka lakukan terhadap sejumlah sumber berita pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News