Tabrak Karang, KM Sempurna Indah 3 Karam di Perairan Anambas

Tabrak Karang, KM Sempurna Indah 3 Karam di Perairan Anambas
Nakhoda KM Sempurna Indah III bersama Anak Buah Kapal (ABK), menunggu proses evakuasi yang dilakukan warga Desa Telaga, Minggu (21/10/2018). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, ANAMBAS - Sebuah kapal kargo KM Sempurna Indah III mengalami kecelakaan laut di perairan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

Kapal tersebut karam di perairan Telaga, Kecamatan Siantan Selatan, Minggu (21/10) pukul 05.35 WIB. Lokasinya berada pada koordinat 03°01.00’ N dan 105°58.00’ E.

Kapal kargo tersebut bermuatan ikan segar sebanyak 25,6 ton dan es batu 20 ton, ditambah bekal makanan kru kapal sekitar 400 kilogram.

Informasi yang diperoleh, kapal tersebut berangkat dari Tarempa pada Sabtu sekitar pukul 23.30 WIB dengan tujuan Tanjungbalai Karimun.

Kapal tersebut dinakhodai Herman, 41, dengan membawa 10 anak buak kapal (ABK) dan dua orang yang tidak masuk dalam daftar ABK, yakni Aseng, 45, dan Jasa, 48.

Meski tidak ada korban jiwa, tapi kejadian ini mengakibatkan kerugian sekitar Rp 500 juta dan kecelakaan laut ini cukup menjadi pelajaran berharga dalam hal keselamatan berlayar.

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Junoto, menjelaskan kejadian ini bermula ketika KM Sempurna Indah III melakukan perjalanan dari Tarempa menuju Tanjungbalai Karimun.

Sebelum berlayar kapal ini mengisi es batu di Pabrik es Tanjung Kumbik.

Sebuah kapal kargo KM Sempurna Indah III mengalami kecelakaan laut di perairan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News