Tabung Narkoba Ini Tak Tembus X-Ray

Tabung Narkoba Ini Tak Tembus X-Ray
Plt. Kepala BNNP DKI Jakarta Monang Sidabuke (tengah) menunjukkan barang bukti narkoba dalam konferensi pers di Kantor BNNP DKI Jakarta, Selasa (31/5/2022). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

jpnn.com, JAKARTA - Penyelundupan narkoba makin canggih. Jaringan segitiga mas atau golden tri angel mengemas sabu-sabu ke dalam tabung pipa besi tidak tembus oleh mesin pemindai X-Ray.

Plt. Kepala BNNP DKI Jakarta Monang Sidabuke menjelaskan pipa silinder besi seberat 20 kilogram tersebut menjadi wadah tempat disembunyikannya sabu-sabu yang dikirimkan dari wilayah Sumatera menuju Jakarta Utara.

Tim BNNP DKI pun menemukan empat buah pipa besi besar yang berlubang dan dikirim dari Sumatera.

"Tim kami awalnya menemukan dua tabung berukuran kecil ini, mampu menyimpan 1-1,5 kilogram sabu di dalamnya, kemudian dua tabung lainnya yang lebih besar dapat dimasukkan dua kilogram sabu-sabu. Tabung ini penutupnya tidak tembus mesin X-Ray, bahkan tidak tercium anjing pelacak," kata Monang dalam konferensi pers di Kantor BNNP DKI Jakarta, Selasa.

Monang menambahkan, pihaknya pernah menguji dan melakukan pemindaian terhadap tabung pipa itu dengan mesin X-Ray dan ternyata tidak terdeteksi ada narkoba di dalamnya.

Monang juga mengatakan bahwa dari pengungkapan ini, petugas menangkap tersangka ED pada 20 Maret 2022 yang berperan sebagai pengedar di Penjaringan, Jakarta Utara,

Kemudian tiga tersangka lainnya ditangkap secara bertahap pada 21-24 Maret 2022, yakni DN di Penjaringan, serta dua tersangka DD dan LK di Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Dari tersangka ED, Tim BNNP DKI berhasil menyita barang bukti sabu seberat 1.075 gram, sedangkan dari tersangka DD sebanyak 302 gram disita.

Sabu-sabu diselundupkan ke dalam tabung pipa besi tidak tembus oleh mesin pemindai X-Ray.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News