Tahan Teman Pembocor Rahasia

Tahan Teman Pembocor Rahasia
Tahan Teman Pembocor Rahasia

jpnn.com - LONDON - Perburuan terhadap buron Amerika Serikat dan mantan kontraktor CIA yang membocorkan program pengawasan rahasia pemerintah Paman Sam, Edward Snowden, mulai berdampak kepada orang lain. Polisi London dilaporkan menahan teman Glenn Greenwald, wartawan The Guardian, yang pertama membocorkan data-data milik Snowden ke publik, yakni David Miranda, 28.

Penahanan tersebut diberitakan The Guardian kemarin. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Miranda ditahan selama sembilan jam di Bandara Heathrow, London. Niatnya, dia akan pulang ke Brasil setelah meninggalkan Berlin.

Sebelum akhirnya membebaskan Miranda, polisi menyita laptop, telepon genggam, USD, dan peralatan game-nya. ''Ini adalah bentuk eskalasi penyerangan aparat terhadap proses peliputan berita dan jurnalisme,'' tulis Greenwald di situs The Guardian.

''Menghukum atau memenjarakan narasumber saja sudah menjadi hal yang buruk. Apalagi menangkap wartawan yang mengungkap sebuah kebenaran. Tapi, menahan anggota keluarga dan orang yang dicintai wartawan itu benar-benar sebuah kezaliman dan tirani. Bahkan, mafia saja punya aturan dalam menarget anggota keluarga orang-orang yang dianggap berbahaya,'' tegasnya. (CNN/cak/c14/tia)


LONDON - Perburuan terhadap buron Amerika Serikat dan mantan kontraktor CIA yang membocorkan program pengawasan rahasia pemerintah Paman Sam, Edward


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News