Tahapan Ganjaran di Bulan Ramadan

Tahapan Ganjaran di Bulan Ramadan
Tahapan Ganjaran di Bulan Ramadan. Pengasuh Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Wonosari, Ngaliyan Semarang, DR KH Ahmad Izzuddin, M Ag. Foto Radar Semarang/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Assalamu’alaikum Warahmatullah. Pak KH Izzuddin yang saya hormati. Mau tanya, apa yang mendasari pembabakan Ramadan (rahmat, barakah, maghfirah)?

Khoeruddin 085643302xxx di Semarang

Jawaban :

Wa’alaikuumussalam Warahmatullah Wabarokatuh. Bapak Khoeruddin yang saya hormati dan dirahmati Allah.

Saya tidak mengetahui apa dasar pembabakan yang Bapak sebut itu, yakni rahmat, barakah, dan maghfirah.

Yang saya ketahui adalah riwayat yang bersumber dari sahabat Nabi SAW., Abu Hurairah RA yang menyatakan bahwa Nabi SAW berkhuthbah pada akhir Jum’at bulan Sya’ban, yang antara lain menyatakan bahwa:

“Bulan Ramadan awalnya adalah rahmat, pertengahannya adalah maghfirah atau pengampunan, dan akhirnya adalah keterbebasan dari neraka.” Hadits ini diperselisihkan keshahihan sanadnya.

Namun demikian, pembabakan itu sangat wajar. Ini mengisyaratkan adanya proses peningkatan ketakwaan secara bersinambung dari mereka yang berpuasa, sehingga menghasilkan ganjaran yang juga meningkat.

Assalamu’alaikum Warahmatullah. Pak KH Izzuddin yang saya hormati. Mau tanya, apa yang mendasari pembabakan Ramadan (rahmat, barakah, maghfirah)?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News