Tahun 2050 Penduduk Indonesia 500 Juta

Tahun 2050 Penduduk Indonesia 500 Juta
Tahun 2050 Penduduk Indonesia 500 Juta

jpnn.com - JAKARTA – Kepala BKKBN Sugiri Syarief mengatakan untuk mengembalikan kembali kejayaan  program Keluarga Berencana (KB) perlu melibatkan semua pihak. "Tahun 1970 jumlah penduduk kita 120 juta jiwa dan menurut hasil prediksi tahun 2007 sekarang sudah mencapai 227 juta jiwa. Kalau kita tidak melakukan sesuatu maka pada 2050 nanti jumlahnya bisa menjadi 500 juta jiwa," katanya.

Ia mengingatkan beberapa indikator kependudukan seperti tingkat fertilitas total, laju pertumbuhan penduduk dan partisipasi KB saat ini menunjukkan potensi terjadinya ledakan kelahiran bayi tahap kedua cukup besar.

‘’Saat ini, pasangan usia subur muda yang ikut KB lebih kecil, dibandingkan usia subur tua. Perbandingannya mencapai 60 berbanding 40,’’  ujar Sugiri di Jakarta Senin (25/8).

Menurut Sugiri, BKKBN pun telah berusaha merangkul pemangku kepentingan terkait untuk ikut berperan dalam pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana. Untuk meningkatkan partisipasi lembaga dan organisasi keagamaan dalam program KB, BKKBN antara lain telah membuat kesepakatan dengan Departemen Agama dan Kanwil Departemen Agama provinsi tentang advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi program keluarga berencana melalui lembaga keagamaan. ( aj/JPNN)



Berita Selanjutnya:
Miranda Juga Lobi PAN

JAKARTA – Kepala BKKBN Sugiri Syarief mengatakan untuk mengembalikan kembali kejayaan  program Keluarga Berencana (KB) perlu melibatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News