Tahun Depan Gula Impor Masuk

Tahun Depan Gula Impor Masuk
Tahun Depan Gula Impor Masuk
JAKARTA - Pemerintah memutuskan mengimpor gula mulai sekitar Januari atau April tahun depan. Pertimbangan impor gula itu dilakukan lantaran Januari hingga Mei, Indonesia tidak berada dalam periode penggilingan tebu. Artinya, Indonesia memerlukan tambahan stok. Untuk kebutuhan hingga akhir tahun ini, pemerintah menjamin stok gula masih aman.

Menteri Pedagangan Mari Elka Pangestu mengungkapkan, pemerintah saat ini masih menghitung berapa jumlah persis gula yang akan diimpor. Pihaknya berjanji memproses secepatnya sehingga ada waktu untuk memproses impor. Dia menyebut, paling tidak dibutuhkan waktu dua bulan untuk melakukan proses impor sehingga diharapkan pada Januari hingga April, gula impor sudah mulai masuk. “Ini akan kita finalisasi dalam satu atau dua minggu ini,” kata Mari di Jakarta, Rabu (1/9).

Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, meski rendemen tebu turun pada akhir tahun ini, namun dia menilai pemerintah tetap memiliki stok cukup. “Kita berlebih sekitar 600 ribu ton pada angka bawah dan atasnya satu juta ton,” ujarnya.

Terkait dengan stok kebutuhan pokok lain menjelang lebaran ini, menurut Hatta seluruh kebutuhan pokok berada dalam posisi aman. Dia menuturkan, kecenderungan harga beberapa komoditas turun, kecuali tiga komoditas yaitu beras, daging sapi, dan gula.

JAKARTA - Pemerintah memutuskan mengimpor gula mulai sekitar Januari atau April tahun depan. Pertimbangan impor gula itu dilakukan lantaran Januari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News