Tahun Depan, PLN Targetkankan Penghematan sampai Rp 20 T

Tahun Depan, PLN Targetkankan Penghematan sampai Rp 20 T
Tahun Depan, PLN Targetkankan Penghematan sampai Rp 20 T
JAKARTA - PLN juga menyiapkan agenda bisnis besar lainnya. Yakni, upaya gasifikasi atau mengalihkan konsumsi pembangkit listrik dari solar ke gas. Melalui program ini, PLN menargetkan bisa menghemat biaya hingga Rp 20 triliun.

Dirut PLN Fahmi Mochtar mengatakan, tahun depan pihaknya menargetkan bisa mengonsumsi gas sebesar 324 MMSCFD atau naik dari konsumsi saat ini sebesar 250 MMSCFD. ''Dengan gas pengganti solar, kami bisa berhemat hingga Rp 20 triliun,'' ujarnya.

Menurut dia, pasokan gas sebesar 324 MMSCFD didapat dari PGN, Pertamina, Medco, Conoco Phillips, serta BP. ''Tapi, saat ini kami terus mencari tambahan pasokan gas. Paling tidak, hingga 700 MMSCFD,'' katanya.

Sebelumnya, Wakil Dirut PLN Rudiantara mengatakan, untuk menekan subsidi listrik, pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan energi primer berupa gas yang lebih murah dibandingkan solar. ''Efisiensi memang sangat diperlukan untuk menekan biaya pokok penyediaan listrik,'' ucapnya.

JAKARTA - PLN juga menyiapkan agenda bisnis besar lainnya. Yakni, upaya gasifikasi atau mengalihkan konsumsi pembangkit listrik dari solar ke gas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News