Tahun Ini Rehab 61 Ribu Kelas SD

Tahun Ini Rehab 61 Ribu Kelas SD
Tahun Ini Rehab 61 Ribu Kelas SD
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun ini bakal merehabilitasi 61 ribu bangunan kelas sekolah dasar yang rusak ringan dan sedang. Kemdiknas telah mengalokasikan anggaran Rp 5,6 triliun.

"Dana untuk rehabilitasi sekolah akan berbentuk block grant atau hibah. Tujuannya agar dana tersebut bisa diterima utuh tanpa potongan pihak sekolah," terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di Bogor kemarin (1/4).

Nuh mengakui model block grant keluar dari pakem pencairan anggaran rehabilitasi sekolah, namun diyakini bakal lebih efektif karena langsung dikerjakan oleh pihak sekolah sendiri tanpa menunggu proses tender di tingkat kabupaten/kota. Model block grant dipilih karena pada praktiknya, telah banyak proyek rehabilitasi bangunan sekolah yang langsung dikerjakan sekolah, tanpa proses tender atau lelang. "Kepala sekolah merangkap jadi pengawas proyek, ya nggak apa-apa," tuturnya.

Dengan model block grant, komite sekolah dapat bekerjasama dengan TNI, Polri, dan masyarakat di sekitar sekolah untuk melaksanakan pekerjaan. Nuh berharap rehab bangunan SD telah dapat digunakan pada Juli mendatang.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun ini bakal merehabilitasi 61 ribu bangunan kelas sekolah dasar yang rusak ringan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News