Tak Ada Kacamata, Plastik Kemasan Air Mineral Pun Jadi

Tak Ada Kacamata, Plastik Kemasan Air Mineral Pun Jadi
Penampakan fenomena alam gerhana matahari di Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Rabu (9/3) pagi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - KEHABISAN kacamata filter, tak membuat masyarakat Jakarta berputus asa untuk menyaksikan gerhana matahari total, yang dipusatkan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Rabu (9/3) pagi. Berbagai cara pun dilakukan. 

Ada yang berusaha meminjam milik masyarakat yang lebih beruntung, membagi dua kacamata yang memang gagangnya terbuat dari kertas, hingga yang paling unik, memanfaatkan plastik merek kemasan air mineral.

Entah siapa yang memulai cara ini, namun terlihat cukup banyak masyarakat yang mencoba. Bahkan ada yang membandingkan hasil dari satu merek air mineral kemasan tertentu, dengan plastik merek air mineral kemasan lainnya. 

"Kelihatan ma, itu mataharinya kayak bulan sabit warna oranye," ujar seorang anak kegirangan, sembari terus memegang plastik yang disobek dari botol air mineral miliknya.

Usut punya usut, kegirangan si anak ternyata sangat beralasan. Pasalnya, menurut si Ibu, Ermawati, mereka jauh-jauh datang dari ‎Cileungsi, sejak Pukul 03.00 WIB. Namun setelah ikut antrean yang panjangnya mencapai lebih dari satu kilometer dengan disusun melingkar tiga baris, persis dari depan planetarium hingga theater XXI, tak membuahkan hasil yang diharapkan. 

Sekitar 4.700 kacamata yang disediakan pihak TIM telah habis. Padahal, antrean masih menyisakan ribuan orang lainnya.‎ Bahkan sebagian besar di antaranya merupakan anak-anak berusia sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Penasaran dengan hal tersebut, JPNN pun mencoba mengikuti langkah si anak. Hasilnya, memang tak sempurna. Tapi paling tidak mampu mengurangi efek silau dari pantulan langsung sinar matahari. Selain itu, juga terlihat bayangan matahari sebagian tertutup bulan. Hanya saja pantulannya berbayang. Cahaya yang terlihat juga tak terlalu berwarna oranye, seperti hasil dari menggunakan kacamata filter.

Proses gerhana dari lapangan TIM, mulai terlihat sejak pukul 06.25 WIB. Pada awal pertemuan, bulan terlihat berada di atas. Hingga matahari terbentuk seperti buah apel yang di bagian atasnya terdapat bekas gigitan. Persis merek gadget tertentu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News