Tak Dapat Izin, Puluhan Bidan Demo Depkes

Tak Dapat Izin, Puluhan Bidan Demo Depkes
Tak Dapat Izin, Puluhan Bidan Demo Depkes
JAKARTA- Puluhan Bidan lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Nusantara Palembang, Sumatera Selatan menggelar unjuk rasa di Kantor Departemen Kesehatan di Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta, Senin (24/8).

Para bidan tersebut mengadukan nasib mereka ke Depkes karena sebanyak 52 bidan lulusan tahun 2008 tidak mendapatkan Surat Izin Bidan (SIB) dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut Koordinator Lapangan Budi Setyawan, Dinkes Provinsi Sumsel belum mau menerbitkan SIB dengan alasan surat BPP-SDM Kesehatan Tanggal 27 Juli 2005 No DL 02.013.1.0287 yang mengharuskan bidan mengikuti ujian kompetensi padahal surat tersebut sudah dicabut dengan surat BPP-SDM Kesehatan Tanggal 6 Januari 2006 No DL.02.01.3.1.05008. Sebelumnya para lulusan bidan itu telah mengajukan izin sesuai dengan Kepmen 900 Tahun 2002 Tentang Registrasi dan Praktik Bidan.

Karena kebijakan tersebut, beber dia, para bidan yang tidak mendapatkan Surat Izin Bidan tidak bisa menjalankan aktivitas praktik kebidanan untuk menopang hidup mereka.

JAKARTA- Puluhan Bidan lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Nusantara Palembang, Sumatera Selatan menggelar unjuk rasa di Kantor Departemen Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News