Tak Elok Orang Demokrat Ketua Pansus

Tak Elok Orang Demokrat Ketua Pansus
Tak Elok Orang Demokrat Ketua Pansus
JAKARTA -- Penetapan ketua Pansus angket skandal Bank Century harusnya tidak menggunakan azas proporsional. Sebab, azas proporsional hanya untuk menentukan ketua DPR RI dan jumlah keanggotaan komisi sebagaimana yang diatur dalam undang-undang. Demikian ditegaskan Ketua Fraksi PDIP Tjahyo Kumolo dalam pesan singkatnya pada JPNN, Kamis (26/11).

“Tidak elok dan tidak patut kalau ada fraksi yang dominan kemudian mengedepankan azas proporsional dalam penentuan ketua Pansus angket Century,” ujar anggota komisi I DPR RI ini.

Untuk menetapkan pimpinan angket skandal Century atau kepanitiaan lainnya, lanjutnya, harusnya menggunakan azas kepatutan yang merupakan hak konstitusional DPR. Kalau kemudian Fraksi Demokrat sebagai fraksi dominan yang awalnya secara terbuka menolak angket dan kini minta menggunakan azas proporsional, menurut Tjahyo, rasanya kurang pas serta bertentangan dengan azas kepatutan.

“Menurut saya, untuk pimpinan angket Century diberikan pada fraksi yang sejak awal mengusung hak angket tersebut sebagaimana azas kepatutan. Kalau sampai dipaksakan, akan menimbulkan pertanyaan di masyarakat, ada apa-apa dibalik skandal Century,” pungkasnya. (esy/JPNN)

JAKARTA -- Penetapan ketua Pansus angket skandal Bank Century harusnya tidak menggunakan azas proporsional. Sebab, azas proporsional hanya untuk


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News