Tak Hanya Gizi, Asupan Moral pun Perlu

Tak Hanya Gizi, Asupan Moral pun Perlu
Tak Hanya Gizi, Asupan Moral pun Perlu
MALANG – Perkembangan moral di usia dini ternyata berdampak pada karakter anak nantinya. Peran orang tua dan guru di lingkungan sekolah dianggap sangat berpengaruh untuk menentukan perkembangan moral si anak. Di masa yang akan datang, bekal moral yang cukup akan membantu anak mengambil sikap akhir sesuai dengan asupan moral mereka sedari kecil. Termasuk untuk tidak curang saat ujian akhir dan tidak berlaku kriminal di lingkungan sekolah dengan tradisi tawuran atau corat coret seragam.

Sejumlah teori terkait perkembangan moral dipaparkan psikolog  Dr Rosemini A.P. M.Psi yang akrab disapa Bunda Romi di acara Akademi Fantasi di stasiun TV Indosiar beberapa waktu lalu. Hal itu ia ungkapkan di hadapan sekitar 160 peserta konferensi nasional dan workshop Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) kemarin.

Dengan beberapa praktek, ia mencontohkan bahwa setiap keputusan selalu diambil berdasarkan sejumlah pertimbangan. ”Ini ada dua benda milik saya, cokelat Toblerone dan sebuah bungkusan kado kecil berwarna merah. Siapa pun yang memilih cokelat atau kado pasti punya pertimbangan  masing-masing,” katanya kemarin. Ada yang memilih cokelat karena sudah jelas itu cokelat, dan ada yang lebih memilih kado karena mungkin punya masalah obesitas bila memilih cokelat.

Ibaratnya, berbagai masukan moral juga harus disediakan orang tua dan guru pada siswanya. Pemegang gelar Doktor dari Universitas Indonesia itu mencontohkan, jika guru dan orang tua mengajar dengan kekerasan maka anak atau pelajar hanya akan terkontrol bila dalam pengawasan mereka yang otoriter.

MALANG – Perkembangan moral di usia dini ternyata berdampak pada karakter anak nantinya. Peran orang tua dan guru di lingkungan sekolah dianggap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News