Tak Hanya Mobil Listrik, Pemerintah Siapkan Kendaraan Tanpa Sopir di IKN Nusantara

Tak Hanya Mobil Listrik, Pemerintah Siapkan Kendaraan Tanpa Sopir di IKN Nusantara
Kementerian Perhubungan mengatakan jalanan di IKN Nusantara tidak hanya dilewati oleh kendaraan ramah lingkungan saja, tetapi mobil tanpa awak. ilustrasi Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenederal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan jalanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak hanya dilewati oleh kendaraan ramah lingkungan saja.

Namun, kendaraan yang didukung teknologi mutakhir seperti autonomous atau kendaraan tanpa sopir akan melintas.

"Ini sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan bahwa kendaraan yang beredar di IKN basisnya itu green mobility," ungkap Budi Setiadi di acara Jakarta Auto Week, JCC, Sabtu (12/3)

Menurut dia, hal itu masih terus dikoordinasikan dengan Kementerian terkait untuk mengurus masalah infrastruktur sebagai penunjang utama beredarnya kendaraan ramah lingkungan.

Dia mengatakan secara anggaran pemerintah memang sudah menyiapkan semuanya untuk membangun infrastrukturnya.

"Anggaran sudah siap tahun ini. Kemudian tahun depan juga sudah disiapkan sampai dengan terwujud arahan Presiden," kata dia.

Regulasi tentang kendaraan autonoumous, kata dia akan dibahas lebih lanjut.

Hal tersebut dilakukan untuk keberhasilan agar kendaraan itu bisa berjalan dengan baik di IKN nantinya.

Kementerian Perhubungan mengatakan jalanan di IKN Nusantara tidak hanya dilewati oleh kendaraan ramah lingkungan saja, tetapi mobil tanpa awak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News