Tak Hanya Warga Tionghoa, Pedagang Pasar Juga Rayakan Imlek

Tak Hanya Warga Tionghoa, Pedagang Pasar Juga Rayakan Imlek
Para pedagang Pasar Badung membagikan angpao kepada barongsai yang beraksi di pasar. Foto: Adrian Suwanto/Radar Bali/JPNN.com

jpnn.com, BADUNG - Rupanya tidak hanya warga Tionghoa yang ikut menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2570, Selasa (5/2) hari ini.

Pedagang Pasar Badung yang direlokasi ke eks Tiara Grosir Jalan Cokroaminoto, Denpasar, ikut juga merayakan tahun baru China ini kemarin.

Perayaan Imlek kali ini dipadukan dengan upacara agama Hindu, serta diakhiri pertunjukan Naga Sakti dan Barong Sai.

Para pedagang dan pembeli turut menyaksikan tradisi Tiongkok itu. Setelah ritual selesai dan dipuput (pimpin) dua Ida Pedanda, yang dinanti-nanti pun mulai. Yakni pertunjukkan Barongsai dan Naga Sakti. Setelah itu, dua Barongsai ini keliling mendatangi pedagang untuk menerima angpao.

Manager Pelaksana koperasi Kamboja, Wayan Darmi menyatakan, ritual menyambut tahun baru Imlek ini sudah ketiga kali dilaksanakan.

Karena pasar eks Tiara Grosir itu adalah bekas kuburan China. Mereka ingin menghormati para leluhur yang dikubur yang ada di sana dengan upacara memberikan sesaji berupa makanan dan buah-buahan.

Dengan adanya atraksi Barongsai dan Naga Sakti diharapkan bisa mendatangkan rezeki untuk semua umat.

Selain itu, para pedagang yang berjualan supaya memperoleh keamanan dan ketentraman. "Kami disini mempersembahkan banten. Sehabis itu ritual Barongsai dan Naga Sakti

Tidak hanya warga Tionghoa yang ikut menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2570, Selasa (5/2) hari ini tapi juga pedagang pasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News