Taksi Terbang Siap Diuji Coba di Bali

Taksi Terbang Siap Diuji Coba di Bali
Ketua MPR RI Bamsoet saat mengenalkan taksi terbang di kantor baru IMI di GBK. Foto: dok humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik rencana uji coba taksi terbang yang akan dilakukan pada akhir November 2021 di Bali.

Taksi terbang bernama EHang 216 itu kabarnya akan diterbangkan langsung oleh EHang Intelligent Equipment bersama Prestige Image Motorcars.

"EHang 216 bisa membawa dua penumpang tanpa pilot. Penumpang tinggal duduk manis di dalamnya tanpa perlu mengendalikan apapun," ungkap pria yang akrab disapa Bamsoet seusai menerima Head of Asia Pacific Region EHang Intelligent Equipment Mr. Bill Choi bersama CEO Prestige Image Motorcars Rudy Salim, di Jakarta, Rabu (17/11).

Bamsoet menjelaskan, kendali penerbangan EHang 216 bersifat Autonomous Aerial Vehicle (AAV), menggunakan koneksi 4G/5G sebagai saluran transmisi nirkabel berkecepatan tinggi untuk berkomunikasi dengan lancar dengan pusat komando dan kendali.

"Dengan begitu memungkinkan kendali jarak jauh pesawat dan transmisi data penerbangan secara real-time," tuturnya.

Menurut Bamsoet, lantaran menggunakan teknologi penerbangan otonom, EHang 216 bisa meminimalisir kegagalan atau malfungsi yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Rute penerbangan akan disurvei terlebih dahulu untuk menentukan beberapa rencana yang layak bagi penggunanya.

"Mr. Bill Choi menjamin EHang 216 yang memiliki tiga mesin, lebih aman dibandingkan Helikopter yang hanya memiliki satu mesin," ungkapnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik rencana uji coba taksi terbang yang akan dilakukan di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News