Takut Dikeroyok 4 Negara

Takut Dikeroyok 4 Negara
Takut Dikeroyok 4 Negara
JAKARTA - Opsi konfrontasi dengan Malaysia, dipandang memang harus menjadi pilihan terakhir bagi pemerintah. Sebab, jika upaya konfrontasi dipilih, bukan mustahil Indonesia akan kalah.

Peneliti Puslit Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB) LIPI dan The Indonesian Institute, Jaleswari Pramodhawardani mengatakan, warga Indonesia bisa saja bermodal semangat dalam kampanye ganyang Malaysia. Tetapi, jika dikalkulasi secara realistis, Malaysia memiliki kekuatan militer yang selevel di atas Indonesia.

Apalagi pula, Malaysia adalah anggota aliansi Five Power Defence Arrangements (FPDA) bersama dengan Singapura, Selandia Baru, Australia, dan Inggris. "Jika Malaysia mengaktifkan klausul bahwa serangan atas satu negara anggota akan merupakan serangan terhadap anggota aliansi lainnya, Indonesia bisa dikeroyok empat negara lain," kata Jaleswari.

Dalam hal ini, jika Inggris terlibat dalam konflik, persoalan jadinya akan meluas. Sebab, Inggris merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang juga punya klausul sama.

JAKARTA - Opsi konfrontasi dengan Malaysia, dipandang memang harus menjadi pilihan terakhir bagi pemerintah. Sebab, jika upaya konfrontasi dipilih,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News