Tali Bendera Tersangkut, Siswa SMK Beraksi Heroik, Bikin Salut

Tali Bendera Tersangkut, Siswa SMK Beraksi Heroik, Bikin Salut
Rajili memanjat tiang bendera untuk membetulkan tali yang tersangkut saat upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalbar. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.

jpnn.com, PONTIANAK - Momen upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor Camat Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, diwarnai aksi heroik seorang siswa yang memanjat tiang bendera. 

Siswa SMK Negeri 1 Semparuk itu memanjat tiang bendera dan membetulkan tali yang sangkut saat upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Kecamatan Semparuk.

Siswa itu bernama Rajili, anak pasangan Usman dan Rusmini, warga Dusun Sepinggan Besar, Desa Sepinggan, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalbar.  

Camat Semparuk Slamet Riyadi mengatakan bahwa saat upacara, salah satu tali di ujung tiang bendera terlepas dari kaitnya, sementara bendera Merah Putih masih di tangan pengibar.

“Rajili kemudian memanjat tiang bendera dan membetulkan tali yang terlepas, sehingga upacara bendera bisa dilanjutkan,” kata Slamet Riyadi. 

Dia mengapresiasi keberanian Rajili yang nekat memanjat tiang bendera tersebut. Padahal, kata dia, tiang itu tingginya sekitar 10 meter dan tidak semua orang berani memanjatnya.

"Apa yang dilakukan Rajili adalah aksi heroik, dengan keberaniannya akhirnya Upacara Bendera Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan  berjalan lancar," ungkap Slamet. 

Bupati Sambas Satono mengaku salut atas aksi heroik Rajili. "Dari video-video yang saya lihat dan laporan Camat Semparuk, aksi yang dilakukan Rajili ini sangat heroik sekali,” katanya saat dihubungi di Sambas, Rabu (17/8). 

Upacara HUT RI di Sambas, diwarnai aksi heroik seorang siswa SMK. Dia memanjat tiang bendera setinggi 10 meter membetulkan tali tersangkut. Aksinya bikin Salut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News