Taman Menteng Direvitalisasi

Taman Menteng Direvitalisasi
FASILITAS KOTA: Sejumlah petugas melakukan perawatan pada bangunan kaca Taman Menteng. Foto: Haritsah Almudatsir/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA PUSAT – Sejumlah fasilitas utama di dalam Taman Menteng di Jakarta Pusat mulai diperbaiki. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI merekonstruksi sejumlah bangunan utama di dalam taman, seperti rumah kaca berbentuk piramida.

Kepala Bidang Taman Kota, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Ratna Dyah menjelaskan, revitalisasi taman kota itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas visual taman, terutama dari rumah kaca. Khusus rumah kaca, pihaknya berencana menggantinya dengan kaca riben.

Selama ini, bangunan rumah kaca itu terbuat dari kaca putih polos. Akibatnya, cahaya matahari tembus ke bagian dalam ruangan. Padahal, rumah kaca itu sejatinya di gunakan untuk function hall atau tempat pameran.

”Kami ganti pakai kaca gelap biar radiasi cahayanya nggak masuk sampai dalam. Panas kalau kaca polos,” ujarnya, Minggu (12/10).

Pembersihan taman seluas 2,5 hektar itu dimulai Sabtu (11/10). Rencananya, perbaikan fasilitas utama taman itu selesai dilakukan dalam dua minggu ke depan, sehingga bisa cepat dinikmati warga. ”Ini kami kejar cepat supaya fungsinya bisa maksimal,” ujarnya.

Selain rumah kaca, perbaikan juga menyentuh toilet, mushola dan taman bermain anak. Total biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 400 juta. Dia membantah program itu hanya untuk meningkatkan serapan anggaran.

Menurut dia, revitalisasi taman sudah direncanakan sejak awal tahun, hanya saja, proses lelang di ULP baru selesai. ”Nggak lah, perencanaannya sudah lama. Bukan karena alasan serapan anggaran,” ujarnya. (bad)


JAKARTA PUSAT – Sejumlah fasilitas utama di dalam Taman Menteng di Jakarta Pusat mulai diperbaiki. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI merekonstruksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News