Tambah Usia, Amien Rais Sudah Tak Minat Jadi Penguasa

Tambah Usia, Amien Rais Sudah Tak Minat Jadi Penguasa
Wakil Ketua Umum PAN Dradjad H Wibowo dan Amien Rais. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini Amien Rais genap berusia 70 tahun. Mantan Ketua MPR RI itu bertambah usia di tengah cibiran bahwa pria yang dikenal sebagai tokoh reformasi itu masih ingin menjadi pemain utama di kancah politik nasional. Terlebih, mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu baru-baru ini menggulirkan wacana Poros Indonesia Raya untuk pemilu presiden (pilpres) Juli mendatang.

Namun, Wakil Ketua Umum PAN Dradjad H Wibowo menegaskan bahwa Amien sudah tidak punya niat lagi untuk maju sebagai calon presiden. “Pak Amien itu sejak kalah di Pilpres 2004 sudah tidak ingin menjadi pemain utama lagi. Beliau langsung menyiapkan kader-kader untuk kepemimpinan baru, baik melalui Muhammadiyah maupun yang utama melalui PAN,” kata Dradjad melalui layanan BlackBerry Messenger, Sabtu (26/4).

Dradjad menambahkan, hasil pengkaderan yang dilakukan Amien itu sudah menunjukkan hasilnya. Misalnya PAN punya kader di pemerintahan maupun legislatif yang disegani karena kualitasnya.

Karenanya Dradjad menegaskan bahwa sudah tidak semestinya ada pikiran bahwa Amien masih punya keinginan duduk di kekuasaan. Amien, kata Dradjad, bahkan sering kali menyarankan kepada pemimpin seusianya untuk tidak lagi maju sebaga pemain utama.

“Berkali-kali Pak Amien bilang, ‘periode saya sudah lewat, Mas Dradjad. Sekarang periode yang lebih muda,” kata Dradjad menirukan ucapan Amien. “Jadi lebih sebagai guru, bapak dan kakak.”

Lantas mengapa Amien masih saja bermanuver termasuk saat bertemu dengan partai-partai dan ormas Islam belum lama ini? “Bahwa sesekali beliau tempil dan turun gunung, yaa itu karena beliau masih menjadi magnet berita dan penuh gagasan,” pungkas Dradjad yang dikenal sebagai orang dekat Amien itu.(ara/jpnn)


JAKARTA - Hari ini Amien Rais genap berusia 70 tahun. Mantan Ketua MPR RI itu bertambah usia di tengah cibiran bahwa pria yang dikenal sebagai tokoh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News