Tambang Liar Ikut Sebabkan Banjir Pandeglang

Tambang Liar Ikut Sebabkan Banjir Pandeglang
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG-Gubernur Banten, Rano Karno mengunjungi para korban banjir bandang di sejumlah lokasi di wilayah Pantai Carita dan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten itu juga mengunjungi Posko Pengungsia Banjir Anyer di Kabupaten Serang, kemarin (26/7).

Lokasi pertama yang dikunjungi Rano adalah melayat ke rumah keluarga empat korban meninggal di dalam mobil yang terjebak banjir di Kampung Panguseupan, Kecamatan Labuan. Di rumah duka, Rano menyampaikan belasungkawa dan memberikan bantuan uang Rp 20 juta rupiah untuk empat korban meninggal tersebut.

Usai melayat, gubernur yang ngetop lewat ’Si Doel Anak Sekolahan itu’ lantas meninjau lokasi bencana dan dapur umum di Desa Teluk, Kecamatan Labuan.Di kedua lokasi itu dia menyempatkan makan siang bersama korban banjir dan para relawan. Di lokasi itu, Rano juga menyerahkan bantuan kepada 10 orang korban banjir masing-masing Rp 5 juta.

Setelah dari Labuan, Rano memantau wilayah yang dilanda banjir bandang, Pantai Carita dan Anyer tepatnya di titik lokasi bencana yakni Desa Kalang Anyar,  Kecamatan Anyer serta ke dapur umum di posko utama banjir di Kecamatan Anyer. Rano menegaskan, banjir di wilayah Labuan, Carita dan Anyer sudah surut. 

Saat ini pihak BPBD Banten, BPBD Kabupaten Pandeglang dan BPDB Kabupaten Serang bersama dinas dan instansi terkait sedang melakukan pembersihan jalan-jalan yang tertimbun lumpur akibat banjir bandang yang terjadi Senin dini hari lalu (25/7).

”Hari ini masih berlangsung pembersihan jalan-jalan dengan mengerahkan alat berat. Mudah-mudahan dalam waktu dua sampai tiga hari sudah selesai. Dan kondisi akan kembali normal,” kata Rano. Dia juga menegaskan, sebanyak 60 rumah yang hancur akibat banjir bandang itu akan diberikan bantuan rehabilitasi. 

Dana rehabilitasi itu bersumber dari APBD Banten serta bantuan pihak lainnya. ”Kalau rumah yang rusak, jumlahnya kan tidak lebih dari 60 unit. Nah kebetulan kita juga punya program bedah rumah, nanti dibantu sama beberapa perusahaan BUMN dan swasta,” ungkapnya juga. 

Saat meninjau lokasi bencana itu, Rano didampingi Sekda Banten, Ranta Suharta dan Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah. Juga hadir sejumlah kepala SKPD Provinsi Banten dan SKPD Kabupaten Lebak turut mendampingi sidak tersebut.

SERANG-Gubernur Banten, Rano Karno mengunjungi para korban banjir bandang di sejumlah lokasi di wilayah Pantai Carita dan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News