Tampil di Ruang Publik, Gita Bahana Nusantara Dinilai Menginspirasi Masyarakat

Tampil di Ruang Publik, Gita Bahana Nusantara Dinilai Menginspirasi Masyarakat
Penampilan paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusatara (GBN) yang memukau pada Sabtu, 12 Agustus 2023, di Museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Penampilan paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusatara (GBN) yang memukau pada Sabtu, 12 Agustus 2023, di Museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta, dalam perhelatan Konser Kemerdekaan dipuji oleh masyarakat.

Penampilan paduan suara dan orkestra itu kali ini amat berbeda karena bisa disaksikan oleh masyarakat umum.

Biasanya Gita Bahana Nusatara hanya dapat disaksikan pada ruang terbatas dan kegiatan kenegaraan, seperti upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara.

Menandakan 20 tahun kehadiran kelompok musik generasi muda ini serta menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, GBN menunjukkan aksinya di ruang publik dan terbuka ditonton oleh banyak masyarakat.

Pengamat seni musik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Yudi Sukmayadi mengapresiasi konser inovasi paduan suara dan orkestra GBN yang terdiri dari pemuda-pemudi dari seluruh provinsi se-Indonesia.

Menurut Yudi, dengan begitu mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda, bahwa musik bersifat universal dan dinikmati oleh seluruh kalangan tanpa batas, bukan hanya segelintir pihak saja.

“Paduan suara dan orkestra GBN tidak sekadar memikat masyarakat dengan harmonisasi nada. Namun, juga menegaskan bahwa kelompok musik ini merupakan milik bangsa Indonesia dan siapa saja dapat menyaksikannya,” ujar Yudi, Senin (14/8).

Yudi menuturkan penampilan berbeda GBN di ruang terbuka publik merupakan langkah inspirasi ke masyarakat, khususnya generasi muda, agar mampu menciptakan karya budaya terbaik yang dapat dinikmati secara positif.

Penampilan paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusatara (GBN) yang memukau pada Sabtu, 12 Agustus 2023, di Museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News