Tanam Pohon, Risma Bercerita tentang Kenangan Bu Mega, Bung Karno, dan GBK

Tanam Pohon, Risma Bercerita tentang Kenangan Bu Mega, Bung Karno, dan GBK
Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini alias Risma menanam bunga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (21/3). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tri Rismaharini alias Risma bercerita tentang kesan dan kenangan Megawati Soekarnoputri akan kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Menurut Risma, ketua umum PDIP itu semasa masih anak-anak kerap diajak ayahnya, Proklamator RI Soekarno, mengunjungi kawasan Senayan yang masih berupa rawa-rawa.

Dari situlah Megawati sangat mencintai lingkungan dan mengajarkannya kepada kader-kader PDIP dan rakyat Indonesia.

Risma menjelaskan Megawati juga bercerita bagaimana Bung Karno berjuang membangun kawasan GBK yang dulunya rawa menjadi seperti sekarang ini sehingga bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Jadi, beliau (Megawati) bercerita bahwa perjuangan Bung Karno membuat lokasi seperti di GBK saat ini sangat berat. Namun, beliau (Bung Karno) bisa mewujudkannya sehingga kita (masyarakat) bisa menikmati kawasan GBK yang sangat indah, yang mungkin sangat sulit ditemukan di ibu kota," kata mantan wali kota Surabaya yang menjabat dua periode itu.

Risma mengungkap itu saat bersama DPP PDIP melakukan aksi penanaman ratusan pohon di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (21/3) pagi. Aksi ini merupakan politik hijau PDIP yang diimplementasikan melalui Gerakan Penghijauan, yang sudah memasuki gelombang ketiga.

Aksi ini dihadiri sejumlah elite PDIP antara lain Ahmad Basarah, Yasonna Hamonangan Laoly, Utut Adianto, Sadarestuwati, Junimart Girsang. Hadir pula Menteri Sekretaris Negara Praktino, dan Ketua Panitia Penanaman Pohon Abidin Fikri.

Aksi serupa juga berlangsung di Waduk Rawa Lindung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang dipimpin langsung Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan dihadiri Tjahjo Kumolo, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Risma mengatakan Megawati juga menyumbang tiga pohon langka untuk ditanami di kawasan GBK.

Tri Rismaharini alias Bu Risma menceritakan kenangan Megawati Soekarnoputri bersama Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno tentang Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.