Tanda Masyarakat Tertarik Lamar CPNS

Tanda Masyarakat Tertarik Lamar CPNS
Kepala BKN Eko Sutrisno. Foto: bkn.go.id

jpnn.com - PEMERINTAH begitu semangat ingin memperbaiki sistem pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Agar hilang bau KKN, tahun ini total menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Sistem lembar jawab komputer (LJK) tidak lagi diterapkan.

Hanya saja upaya perbaikan sistem ini masih diwarnai berbagai masalah teknis. Yang menyolok, website resmi untuk pendaftaran online sempat ngadat-ngadat, sulit diakses.

Masa pendaftaran pun diubah, dari 20 Agustus hingga 3 September, menjadi efektif 24 Agustus hingga 7 September 2014. Atau dengan variasi lain, asalkan masa pendaftaran 14 hari.

Nah, bagaimana tanggapan Ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Eko Sutrisno? Berikut wawancara wartawan JPNN Mesya Muhammad dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu, sesaat mendarat di Bandara Soekarno Hatta usai perjalanan dinas dari Aceh, Senin (25/8).

Hari ini portal panselnas.menpan.go.id mulai lancar ya Pak?

Alhamdulillah mulai lancar. Kalau beberapa hari lalu memang susah diakses karena Anda tahu sendiri jumlah pengunjung jutaan orang. Apalagi ini merupakan barang baru dalam rekruitmen CPNS. Masyarakat ingin melihat dan mencoba apakah benar pengadaan CPNS tahun ini bebas KKN.

Sebelumnya portal sempat turun naik. Masyarakat pun mulai meragukan keseriusan dan kesiapan Panselnas. Siapa yang digandeng Panselnas untuk urusan IT ini Pak?

Panselnas menggandeng BPPT dan Telkom. Sebenarnya, kemampuan server dari BPPT dan Telkom sudah bagus, hanya antusiasme masyarakat sangat besar. Ini memang membawa hal positif karena tandanya masyarakat tertarik melamar CPNS karena sistemnya sudah berubah. Hanya saja perubahan sistem ini tidak sejalan dengan perubahan mindset masyarakat.

PEMERINTAH begitu semangat ingin memperbaiki sistem pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Agar hilang bau KKN, tahun ini total menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News