Tanggal Penentuan Nasib Makin Dekat, Massa Honorer Siap Demo Besar-besaran

Tanggal Penentuan Nasib Makin Dekat, Massa Honorer Siap Demo Besar-besaran
Massa honorer Banten bakal menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta. Ilustrasi Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN.com banten.jpnn.com

jpnn.com - SERANG – Massa honorer di Provinsi Banten menyiapkan aksi demo besar-besaran di Gedung DPR RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Aksi unjuk rasa yang rencananya melibatkan 10 ribu massa honorer itu berkaitan dengan kebijakan penghapusan honorer atau non-ASN di seluruh instansi pemerintahan, pusat dan daerah per 28 November 2023.

Para non-ASN dari Banten itu merupakan bagian dari sekitar 2,3 juta honorer khawatir terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK massal jika kebijakan penghapusan non-ASN benar-benar diterapkan per 28 November 2023 mendatang.

MenPAN-RB Azwar Anas dalam berbagai kesempatan mengatakan pemerintah akan mencari solusi jalan tengah, yakni mengangkat honorer menjadi PPPK Part Time atau PPPK Paruh waktu bagi non-ASN yang bekerjanya tidak perlu penuh waktu.

Azwar Anas menyebut honorer petugas kebersihan sebagai contoh jenis non-ASN yang kemungkinan menjadi PPPK Part Time.

Namun, belum ada penjelasan gamblang bidang kerja honorer apa saja yang berpeluang jadi PPPK Part Time. Juga, siapa yang berhak menjadi PPPK full time.

Wacana PPPK Part Time disebut-sebut akan diatur dalam RUU Revisi UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN), yang akan mulai dibahas lagi pertengahan Agustus 2023.

Demo Honorer Banten 7 Agustus

Ketua Honorer Banten Taufik Hidayat mengatakan aksi unjuk rasa massa pegawai non-PNS akan dilaksanakan 7 Agustus 2023, diikuti Forum Tenaga Honorer dari delapan kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Jelang tenggat waktu penghapusan honorer atau non-ASN, massa honorer akan menggelar aksi demo besar-besaran. Catat tanggalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News