Tanggapi Penjarahan, Kepala BIN: Situasi Sudah Terkendali

Tanggapi Penjarahan, Kepala BIN: Situasi Sudah Terkendali
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan bersama warga yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, PALU - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan, pemerintah terus bertindak untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurut pria yang kari disapa BG itu, insiden penjaraha yang dilakukan segelintir oknum juga berhasil ditangani dengan baik.

“Situasi sudah terkendali. Aparat dan pemerintah bekerja sama untuk menanganinya. Alhamdulillah, kita semua harus bekerja sama agar semakin tercipta suasana yang kondusif,” ujar BG, Palu (3/10).

BG menambahkan, penjaraha terjadi karena warga panik kehabisan makanan. Dia pun menjamin pemerintah akan mengganti kerugian.

"Masih ada satu dua dan itu sudah kami catat. Kemarin hasil rapat mendagri dan menko perintahkan aparat mencatat setiap kerugian akan ditanggung. Akan diganti pemerintah. Situasi sudah bisa ditangani," ungkap BG.

Dia pun meyakini warga akan mampu menghadapi musibah besar.

"Kita ada pengalaman dua kali di Aceh dan Padang. Lombok kemarin 2018. Kali ini di Palu dan Donggala dan sekitarnya. Namun, kita bangsa yang besar dan kuat punya kemampuan survival yang kuat. Yang terpenting kita punya semangat untuk segera pulih dan bangkit kembali," tambah BG.

Perihal bantuan yang terlambat sampai di lokasi, BG menilai hal itu disebabkan transportasi. Dia menjamin situasi pulih dalam beberapa hari ke depan.

Budi Gunawan mengatakan, pemerintah terus bertindak untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News