Tangkal Serbuan Kultur Pop Asing, Djarot Ajak Rakyat Gelorakan Budaya Indonesia

Tangkal Serbuan Kultur Pop Asing, Djarot Ajak Rakyat Gelorakan Budaya Indonesia
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat meminta rakyat Indonesia menggelorakan budaya sendiri untuk menangkal serbuan kultur asing.

Menurut Djarot, tantangan rakyat Indonesia saat ini adalah bagaimana melakukan pengayaan dan pelestarian kebudayaan bangsa sendiri di tengah masifnya arus kultur populer asing.

Djarot menyampaikan hal itu dalam webinar dengan tema Rakyat Sumber Kebudayaan Nasional, Selasa (16/6) dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno 2020.

Djarot yang merupakan Ketua Panitia Perayaan Bulan Bung Karno 2020 mengatakan bahwa Proklamator RI itu sudah mengingatkan bahwa kebudayaan dalam bentu kreasi kultural seperti seni musik, lagu, dan tari bukan hiburan semata. Sebab, sesungguhnya kebudayaan merupakan sumber utama dari kerja penguatan jiwa sebuah bangsa.

Semuanya merupakan proses esensial dari pembangunan sebuah bangsa dan negara. Itu artinya, jika kebudayaan asli sebuah bangsa terkikis maka negaranya juga bisa.

"Saya bukan bilang budaya asing tak boleh masuk. Namun hendaknya budaya asing difilter dan disesuaikan dengan budaya bangsa sendiri," kata Djarot, Selasa (16/6).

Yang disampaikan Djarot tentu bukan isapan jempol belaka di tengah masifnya arus industri budaya pop asing seperti K-Pop, produk-produk dari Hollywood dan Bollywood dalam bentuk film, lagu, dan lain sebagainya.

Menurut Djarot, sudah saatnya bangsa Indonesia menyadari sepenuhnya bagaimana harus mengambil aksi dalam berkebudayaan.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat meminta rakyat Indonesia, menggelorakan budaya sendiri untuk menangkal budaya asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News