JPNN.com

Tanoto Gandeng NIE Singapura Ciptakan Guru Berkelas Dunia

Jumat, 09 April 2021 – 12:19 WIB
Tanoto Gandeng NIE Singapura Ciptakan Guru Berkelas Dunia - JPNN.com
Tanoto menggandeng NIE Singapura dalam mencetak guru profesional berkelas dunia. Foto: Tanoto Foundations

jpnn.com, JAKARTA - Singapura mencetak dan mengembangkan guru profesional berkelas dunia yang mampu berpikir otonom dan mampu meningkatkan kapasitasnya secara berkelanjutan.

Mereka terbukti telah berhasil menempatkan siswanya meraih prestasi terbaik pada tes Program International Student Assessment (PISA) dalam kemampuan membaca, sains, dan matematika.

Menurut Prof. Liu Woon Chia, guru besar The National Institute of Education (NIE) Singapura, salah satu faktor sukses mereka bisa mencetak guru-guru berkualitas adalah adanya komunikasi yang kuat.

Komunikasi ini dibangun antara NIE dan berbagai stakeholders, seperti kementerian pendidikan dan sekolah dalam mendesain kegiatan praktik mengajar yang efektif untuk calon guru.

“Kegiatan praktik atau pengalaman di lapangan selama periode pendidikan guru, merupakan kesempatan terbaik untuk calon guru berkembang menjadi guru berkualitas,” ungkap Prof. Liu saat berbagi pengalaman dalam webinar Mendesain Praktik Mengajar Calon Guru yang digelar Tanoto Foundation, Kamis (8/4/2021).

Cara untuk mencetak guru yang hebat adalah sebagai berikut.

1. Mendorong kandidat terbaik menjadi guru

Guru adalah salah satu karier profesional di Singapura. Hanya kandidat terbaiklah yang bisa menjadi guru. Memberikan gaji yang tinggi bukan satu-satunya faktor yang mendorong orang tertarik menjadi guru.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...