JPNN.com

Tanpa Beban Jelang Debat, Kiai Ma'ruf Perkuat Dukungan di Banten

Kamis, 14 Maret 2019 – 21:21 WIB Tanpa Beban Jelang Debat, Kiai Ma'ruf Perkuat Dukungan di Banten - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) 01 KH Ma'ruf Amin merasa tanpa beban dalam menghadapi debat kontestan Pilpres 2019 pada Minggu depan (17/3). Alih-alih fokus mempersiapkan diri menghadapi debat antar-cawapres, pendamping Jokoi Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 itu malah meninggalkan Jakarta untuk menggalang dukungan di wilayah Banten.

Misalnya, hari ini (14/3) Kiai Ma’ruf berkunjung ke Serang, Banten. Agendanya adalah berziarah dan menghadiri Haul Sultan Ageng Tirtayasa.

Menurut Ma’ruf, tidak ada hal spesifik yang harus disiapkan jelang debat melawan Sandiaga Uno. Menurutnya, persiapan debat juga tak mengurangi waktunya menemui pendukung.

"Persiapan debat biasa saja. Saya jalan, jalan saja. Persiapan debat ya ngobrol-ngobrol saja, enggak ada yang spesifik," ujarnya di Menteng, Jakarta Pusat, siang tadi sebelum berangkat menuju Serang.

Baca juga: Fahri Hamzah Sebut Debat Pilpres 2019 Rasa Kelompencapir

Mantan rais am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengaku akan mengikuti alur debat yang melibatkan moderator dan panelis. Menurutnya, tujuan debat kontestan pilpres adalah membicarakan gagasan untuk memajukan Indonesia.

"Kalau saya sih intinya debat itu bagaimana membangun Indonesia maju lebih baik dari yang sekarang, lebih meningkatkan, lebih menyempurnakan, lebih menambah lagi. Itu saja," bebernya.

Hanya saja, kata Kiai Ma’ruf, yang menjadi perhatiannya adalah batasan waktu saat menyampaikan argumen dalam debat. Meski sebagai ulama terbiasa berceramah dan mendiskusikan berbagai hal, namun Kiai Ma’ruf harus menyesuaikan diri dengan alokasi waktu yang disediakan moderator.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...