Tanpa Kajian, Kebijakan Pendidikan Hanya Coba-coba Saja

Tanpa Kajian, Kebijakan Pendidikan Hanya Coba-coba Saja
Tanpa Kajian, Kebijakan Pendidikan Hanya Coba-coba Saja
JAKARTA—Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo menilai, kebijakan pemerintah mengenai pendidikan di tahun 2011 belum pernah serius dan hanya coba-coba saja (trial dan error). Menurutnya, kebijakan pendidikan dijalankan tanpa didahului oleh kajian terhadap teori dan tidak didukung oleh studi empiris tentang akseptabilitas.

“Sehingga kalau kami lihat, kebijakan pemerintah hingga saat ini hanya kebijakan yang bersifat coba-coba saja,” kata Sulistyo ketika memaparkan Refleksi Bidang Pendidikan 2011 di Gedung PGRI, Jakarta, Rabu (28/12).

Selain itu, lanjut Sulistyo, kebijakan pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga hanya bersifat reaktif. Sulistyo menjelaskan, banyak kebijakan pemerintah mengenai pendidikan ini dijalankan hanya sebagai respon instant terhadap isu dan permasalahan sesaat.

“Kebijakan ini tidak tersusun secara konseptual dalam sebuah grand design. Harusnya, kebijakan itu disusun dengan perspektif berjangka panjang,” tukasnya.

JAKARTA—Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo menilai, kebijakan pemerintah mengenai pendidikan di tahun 2011

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News