Tanpa Pekerja Asing, Kini Tambah Banyak Lowongan Kerja di Regional Australia

Tanpa Pekerja Asing, Kini Tambah Banyak Lowongan Kerja di Regional Australia
Lapangan kerja di wilayah regional Australia telah pulih dan semakin banyak lowongan yang tak terisi termasuk pekerjaan seperti juru masak. (Supplied: Cobargo Hotel)

Permintaan tenaga kerja di kawasan regional Australia mencapai titik tertinggi saat ini, melebihi kebutuhan yang terjadi selama booming di sektor pertambangan satu dekade lalu.

Menurut data dari Regional Australia Institute (RAI), dengan bertambahnya lowongan kerja tersebut kini sangat sulit untuk mencari pekerja yang dibutuhkan.

Ekonom RAI Dr Kim Houghton menjelaskan, meredanya kekeringan dan penanganan pandemi COVID secara baik telah meningkatkan rasa percaya diri di kalangan masyarakat regional.

"Terjadi pemulihan lapangan kerja yang sangat besar di wilayah regional," kata Dr Houghton.

"Salah satu penyebabnya adalah karena tidak adanya kelompok pekerja migran untuk mengisi lowongan tersebut saat ini," ujarnya.

Salah satu sektor lapangan kerja yang sangat dibutuhkan yaitu koki (chef) dan juru masak, seperti yang dialami oleh pemilik sebuah pub di Kota Cobargo, David Allen.

Kota pedalaman di negara bagian New South Wales (NSW) itu kini membutuhkan juru masak untuk bekerja secara penuh di sana.

"Sangat sulit menemukan juru masak. Semua orang di sini berteriak mencari koki dan juru masak," ujar David.

Permintaan tenaga kerja di kawasan regional Australia mencapai titik tertinggi saat ini, melebihi kebutuhan yang terjadi selama booming di sektor pertambangan satu dekade lalu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News