Tanpa Pelatih, Frings Cedera

Tanpa Pelatih, Frings Cedera
Torsten Frings saat sesi latihan. Foto: AFP / OLIVER LANG

jpnn.com - BASEL – Perhelatan Euro 2008 telah memasuki perempat final. Laga pertama babak delapan besar itu bakal mempertemukan finalis Euro 2004 Portugal versus juara tiga kali Jerman dini hari nanti WIB. Duel itu bakal dihelat di Stadion St. Jakob Park, Basel, Swiss.

Pada awal turnamen, Portugal dan Jerman diskenariokan bersua di semifinal. Asumsinya adalah Portugal dan Jerman sama-sama menjadi jawara grup A dan B. Tapi, Jerman ternyata harus puas menjadi runner-up grup B karena kalah bersaing dengan Kroasia. Alhasil, bentrok di antara dua tim raksasa Eropa itu tak terhindarkan.

Kendati belum pernah menjadi kampiun Euro (prestasi terbaik finalis Euro 2004), Portugal lebih difavoritkan daripada Jerman. Dari segi kualitas tim dan permainan, Selecao –julukan Portugal– memang sedikit di atas Der Panzer –sebutan Jerman. Tentu saja kekalahan Portugal 0-2 dari Swiss 15 Juni lalu tidak masuk hitungan karena skuad yang dimainkan kala itu adalah tim lapis kedua.

Selecao kini dihuni bintang-bintang muda bertalenta, seperti Cristiano Ronaldo, Joao Moutinho, hingga Pepe. Dengan skema 4-2-3-1, kekuatan utama Selecao adalah barisan gelandang serang mereka. ’’Portugal akan tampil agresif sejak menit awal. Itu sudah menjadi ciri khas kami. Apalagi, ini babak knockout,’’ kata Deco, gelandang serang Portugal, kepada Reuters.

Dengan skuad yang utuh atau tidak terkendala cedera maupun kartu, pelatih Portugal Luiz Felipe Scolari bakal leluasa meracik taktik dan strategi timnya. ’’Secara fisik dan teknik, tim kami berada dalam kondisi puncak,’’ imbuh Deco, pemain berusia 30 tahun yang bermain di Barcelona.

Namun, sebaliknya, Jerman menghadapi sejumlah kendala. Bintang penyerang Lukas Podolski berkutat dengan cedera betis. Podolski adalah andalan Jerman karena telah mengemas tiga gol (dari empat gol Jerman) di Euro 2008. Der Panzer makin ketir-ketir dengan cedera patah tulang rusuk yang menimpa gelandang bertahan Torsten Frings. Podolski mungkin bisa main, tetapi Frings diragukan. 

Bukan hanya itu. Pelatih Jerman Joachim Loew dilarang mendampingi di pinggir lapangan karena skorsing satu pertandingan. Loew dihukum UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) buntut kasus pengusiran dirinya oleh wasit Manuel Mejuto Gonzalez asal Spanyol karena terlibat cekcok segitiga dengan ofisial keempat Damir Skomina (Slovenia) dan pelatih Austria Josef Hickersberger dalam laga 16 Juni lalu. (dns)

BASEL – Perhelatan Euro 2008 telah memasuki perempat final. Laga pertama babak delapan besar itu bakal mempertemukan finalis Euro 2004 Portugal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News