Tantang Anak Muda Berpolitik, Anies: Jangan Cuma Urun Angan, Turun Tangan!

Tantang Anak Muda Berpolitik, Anies: Jangan Cuma Urun Angan, Turun Tangan!
Anies Baswedan berbicara dalam acara Gathering Nasional (Gatnas) Turun Tangan ke-VIII yang berlangsung di Grand Serela Yogyakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Bacapres Anies Baswedan dikenal sebagai figur penggerak sekaligus pelopor gerakan kepedulian.

Di bidang pendidikan Anies menginisiasi lahirnya gerakan Indonesia Mengajar yang merekrut para sarjana muda berkualitas untuk mengajar di wilayah terpencil.

Sedangkan di bidang sosial politik Anies mencetus ide lahirnya kelompok peduli melalui gerakan Turun Tangan.

Usia gerakan Turun Tangan yang kini mendekati satu dekade ternyata telah tersebar di 93 kabupaten/kota dengan ribuan anggota.

Momen penting bertajuk Gathering Nasional (Gatnas) Turun Tangan ke-VIII yang berlangsung di Grand Serela Yogyakarta, Jumat (10/11), tidak ingin dilewatkan Anies.

Kehadiran gubernur DKI periode 2017-2022 itu disambut antusias ratusan anak-anak muda anggota Turun Tangan yang mewakil daerah masing-masing.

Pembawa acara kemudian mempersilakan Anies untuk membekali para relawan Turun Tangan dengan semangat dan energi kepedulian untuk mereka bawa pulang ke daerah masing-masing.

"Semangat kerelawanan ada sejak dari dulu. Di bangsa ini perasaan untuk merasakan masalah ada sejak lama. Kecenderungan kita untuk mengambil bagian jika kita melihat masalah di depan kita. Walaupun pelan-pelan semua masalah sudah ada yang ngurusin (pemerintah)," ujar Anies membuka perbincangan.

Anies menjelaskan bahwa semangat dari gerakan Turun Tangan adalah mendukung orang baik yang terlibat ke dalam politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News