Target 80% Lulus SKD Tes CPNS 2018, tapi Hasilnya?

Target 80% Lulus SKD Tes CPNS 2018, tapi Hasilnya?
Ilustrasi tes CPNS. Foto: radardepok

jpnn.com, PALANGKARAYA - Peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) tes CPNS 2018 yang mampu mencapai passing grade jauh dari kuota yang disediakan. Dari 358 kuota yang disediakan di Pemprov Kalteng, hanya 106 peserta yang dapat lanjut pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Tentu saya selaku pemimpin di Kalteng sangat prihatin dan sedih melihat yang lolos hanya sedikit, tentu kami akan mengambil langkah-langkah dan segera menyurati kemenpan RB,” ungkap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran seperti diberitakan Kalteng Post (Jawa Pos Group).

Dikatakan Sugianto, Kemenpan RB sebenarnya berharap yang lolos tes CPNS 2018 di Kalteng, mencapai 80 persen masyarakat lokal Kalteng. Namun, kenyataan yang terjadi malah jauh dari yang diharapkan Kemenpan RB.

Sugianto menyayangkan dengan potensi-potensi yang dimiliki masyarakat Kalteng, mengingat di Kalteng tidak sedikit yang sudah menjadi sarjana bahkan yang bergelar doktor. Tapi, kata dia, tidak dapat lolos pada tes CPNS yang masih seleksi tahap awal ini. Hal ini menjadi pertanyaan pihaknya.

“Masyarakat Kalteng kan sudah banyak yang sarjana muda bahkan yang sudah lulus lama, kok bisa tidak lolos dalam tes CPNS ini? Dimana masalahnya?” jelasnya.

Ditambahkannya, terkait adanya usulan tes CPNS diulang pihaknya tidak dapat memberikan kebijakan. Karena kebijakan ini menjadi ranah pemerintah pusat.

Pemerintah daerah hanya dapat memberikan usulan yang nantinya melalui Sekda Kalteng akan dirapatkan terlebih dahulu. (*abw/abe)


Tes CPNS 2018 tergolong gagal karena yans lulus SKD jauh dari kuota yang ditetapkan, mengundang rasa prihatin Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News