Target Ekspor Pertanian Naik 15 Persen

Target Ekspor Pertanian Naik 15 Persen
Target Ekspor Pertanian Naik 15 Persen
CIREBON – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan nilai ekspor produk pertanian pada 2012 meningkat sekitar 15 persen. Pencapaian tersebut berlaku terhadap semua komoditas, termasuk hortikultura.

   

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (Dirjen PPHP) Kementan Dr Zaenal Bachruddin mengatakan, pihaknya berharap ekspor pertanian pada tahun ini mengalami peningkatan. ”Ya paling tidak maksimal dan ambisius sekitar 15 persen dari semua komoditas, termasuk hortikultura,” ujarnya usai meresmikan packing house Kelompok Tani Ki Gebang Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

   

Pembangunan packing house yang berasal dari APBN ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendukung implementasi peningkatan ekspor produk pertanian ke berbagai negara. ”Ini merupakan salah satu Program Strategis Kementan 2009-2014, yakni Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing, dan Ekspor,” jelas Zaenal yang didampingi Direktur Pemasaran Internasional Mesah Tarigan dan

Direktur Pengolahan Hasil Pertanian Nazaruddin.

   

Mantan Wakil Rektor UGM tersebut menambahkan, sejak lama, mangga dari Kabupaten Cirebon sangat dikenal masyarakat Indonesia, terutama mangga Gedong Gincu. Saat ini mangga jenis itu pengembangannya meluas ke wilayah Majalengka dan Indramayu. ”Mangga Gedong Gincu banyak diminati konsumen dari dalam dan luar negeri seperti Singapura, Hongkong, China, dan Timur Tengah,” ujar Zaenal.

CIREBON – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan nilai ekspor produk pertanian pada 2012 meningkat sekitar 15 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News