Target Nilai Ekspor USD 3,2 Miliar

Target Nilai Ekspor USD 3,2 Miliar
Target Nilai Ekspor USD 3,2 Miliar
JAKARTA-Pemerintah menargetkan nilai ekspor alas kaki yang selama 2010 mencapai USD 2,6 miliar, meningkat menjadi USD 3,2 miliar selama 2011. ’’Kenaikan tinggi karena investasi yang masuk sejak dua tahun terakhir cukup tinggi, sehingga ditargetkan meningkat USD 3,2 miliar, dan menjadi USD 5 miliar dua tahun ke depan,’’ kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, usai pencanganan Hari Sepatu Indonesia di Jakarta.

Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko juga memasang target peningkatan nilai ekspor alas kaki sebanyak USD 1 miliar per tahun, dan berharap pemerintah memberikan dukungan untuk mencapai target tersebut.

Pemerintah, kata Menteri Perdagangan, akan mendorong dan memfasilitasi pelaku industri sepatu untuk meningkatkan mutu, desain, dan promosi produk supaya pasar produk sepatu Indonesia di luar negeri semakin besar. ’’Mutu harus dijaga. Kita harus melawan dengan kualitas baik dan harga terjangkau sehingga harus difasilitasi supaya mutu dan standar baik,’’ kata dia.

Dia menjelaskan, saat ini pesaing utama produk sepatu Indonesia adalah produk dari Tiongkok dan Vietnam. Eddy menambahkan, bantuan tersebut utamanya diperlukan oleh pelaku industri sepatu kecil dan menengah karena secara umum kualitas dan desain sepatu dalam negeri sudah membaik dan cukup bisa bersaing dengan produk sepatu dari negara manca.

’’Sepatu Indonesia sudah diekspor ke-148 negara.

JAKARTA-Pemerintah menargetkan nilai ekspor alas kaki yang selama 2010 mencapai USD 2,6 miliar, meningkat menjadi USD 3,2 miliar selama 2011. ’’Kenaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News